Brand asal Korea, Samsung memiliki banyak tipe hp yang jadi andalan. Salah satu yang laris dan cukup menyita perhatian adalah Samsung J Pro. Di Indonesia, ada dua tipe Samsung J Pro yakni J7 Pro dan J5 Pro. 
Dari kedua tipe ini, mana ya yang lebih bagus? Berikut ulasannya yang bisa memnbantu kamu memilih satu dari dua Hp keluaran Samsung ini. 

1. Ukuran dan display

Dari segi ukurannya, seri j7 memang punya bodi yang jauh lebih besar. Selain body, tentu saja layarnya juga lebih besar. Ukuran J7 Pro yakni 152.4 x 74.7 x 7.9mm, sementara pada tipe J5 Pro memiliki ukuran 146.3 x 71.3 x 7.9mm. Namun, ada kesamaan di antara kedua tipe ini yakni untuk urusan display.
Kedua tipe handphone ini sama-sama memiliki layar super AMOLED. Namun yang membedakan keduanya hanya ukurannya saja. Tipe J5 Pro memiliki layar 5.2 inch sementara tipe J7 Pro memiliki layar 5.5 inci. Memang perbedaan keduanya hanya berkisar pada angka 0,3 inch saja. 

2. OS yang dimiliki

Untuk urusan OS keduanya memiliki teknologi yang memang mumpuni dan paling terbaru. Seri J Pro ini memiliki OS Android Nougat 7.0. Nah pemakaian handphone ini akan semaking cepat, tangkas dan cerdas dengan OS yang dimiliki. 
Kamu tak perlu takut handphone jadi lemot karena prosessor yang dimiliki oleh kedua tipe ini. Baik J7 Pro maupun j5 Pro memiliki Exynos 7870 Octa Core 1.9GHz. Handphone ini semakin mantap dengan RAM 3GB yang membuat handphone jauh dari kata lemot. 
Dengan sefikias tersebut Samsung Galaxy J7 Pro memiliki skor skor AnTuTu 47920 sementara Galaxy J5 Pro memiliki skor 46524.

3. Kamera

Dari sisi kamera, kedua tipe ini sebenarnya hamper mirip. Keduanya sama-sama memiliki resolusi 13 MP untuk kamera belakang. Selain itu, keduanya juga memiliki lensa f/1.7 yang sudah dilengkapi  dengan LED Flash. 
Kamera depan juga kedua tipe ini memiliki hal yang sama yakni kamera dengan resolusi 8 MP yang diperkarya dnegan lensa F/1.9 dan tentu saja dilengkapi dengan LED Flash. 
Selain kualitas kamera yang baik, kedua tipe handphone ini juga dibekali berbagai fitur canggih. Beberapa fitur tersebut antara lain bisa melakukan geo-tagging serta mudah dalam membuat fokus. Hp ini juga dibekali dengan fitur face detection serta membuat foto panorama dan HDR. 

4. Baterai

Perbedaan mungkin sedikit terlihat dari segi baterai. Meski sama-sama memiliki daya yang besar, keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Samsung J7 Pro punya daya yang lebih besar yaitu 3600 mAh. Sementara pada tipe J5 Pro hanya punya baterai dengan daya 3000 mAh. 

5. Harga

Hal yang membedakan lainnya adalah soal harga. Samsung J7 Pro dibandrol dengan harga Rp 3,5 jutaan sementara untuk tipe J5 Pro memiliki harga RP 3 jutaan. 

6. Spesifikasi lainnya

Untuk urusan spesifikasi lainnya, kedua tipe ini sebenarnya mirip. Misalnya untuk memori internal keduanya memiliki ukuran yang sama yakni 32 GB. Sementara keduanya juga mampu memakai slot micro SD sampai 256GB. Di samping itu, keduanya juga sudah memiliki fitur 4G LTE, port USB 2.0 serta finger print. 
Nah, memang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun hal tersebut memang tak begitu terlihat. Kamu bisa memilih salah satu dari keduanya diesuaikan dengan kebutuhan.