Sejak diluncurkan pada akhir tahun 2017 lalu, HP Xiaomi Redmi 5A menuai respon yang luar biasa dari masyarakat. Harga HP Xiaomi Redmi 5A yang tergolong murah, bahkan sangat murah sering dikatakan sebagai penyebab turunnya permintaan konsumen terhadap berbagai merk smartphone lain yang memiliki spesifikasi hampir serupa. 
Dipatok dari harga sekitar 1.3 jutaan hingga 990.000-an di berbagai toko resmi maupun toko online, tercatat HP Xiaomi Redmi 5A telah menjadi primadona bagi masyarakat yang menginginkan smartphone terjangkau namun dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan smartphone lain di level yang sama. 
Akan tetapi apakah benar harga HP Xiaomi Redmi 5A yang murah sebanding dengan kualitasnya? Cek pembahasan berikut!
Smartphone Xiaomi Redmi 5A termasuk dalam kategori smartphone middle-lower class, yang bersaing dengan berbagai smartphone lain dengan kategori harga dibawah 2 jutaan. Tetapi smartphone Xiaomi Redmi 5A masih tergolong yang paling murah dengan harga mencapai 900 ribuan saja. 
Dibanding dengan smartphone lain yang menawarkan spesifikasi serupa tetapi dengan harga berkisar andara 1.6 jutaan hingga 1.8 jutaan. 
Smartphone Xiaomi Redmi 5A sangat diminati karena spesifikasinya yang tergolong tinggi di kelasnya. Smartphone Xiaomi Redmi 5A di desain dengan simple dan sederhana seperti seri seri sebelumnya, tidak banyak perubahan yang berarti. 
Dilengkapi dengan layar berukuran lima inci, dengan resolusi 1280 x 1080 piksel, HP Xiaomi Redmi 5A menawarkan full view yang cukup menantang dan memberi tampilan grafik yang memuaskan. Untuk bagian prosessor dan pengolah data, HP Xiaomi Redmi 5A menanamkan prosessor snapdragon 425 yang dilengkapi dengan empat buah inti CPU Cortex A53. 
Prosessor ini memiliki kecepatan sekitar 1.4 gz. Tidak hanya itu, HP Xiaomi Redmi 5A didukung juga dengan GPU Andreno 308.
Dari segi storage HP Xiaomi Redmi 5A dilengkapi dengan RAM berukuran 2 GB, dan media penyimpanan internal 16 GB, serta memiliki slot micro SD yang dapat menampung hingga 256 GB storage. Tidak usah khawatir dengan kapasitas batrai yang diberikan, HP Xiaomi Redmi 5A memiliki baterai yang cukup mumpuni, yakni 3000 mah.
Bentuk HP Xiaomi Redmi 5A yang ramping dan hanya memiliki ketebalan 8.4 mm membuatnya nyaman dipegang maupun dikantongi. Tidak hanya itu, beratnya yang hanya mencapai 137 gram membuat anda tidak merasa keberatan membawa HP Xiaomi Redmi 5A ini kemana mana. 
Bagi anda pecinta fotografi dan foto selfi, HP Xiaomi Redmi 5A dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 mega piksel, sementara kamera depannya di berikan kualitas resolusi mencapai 5 mega piksel. Untuk harga seekonomis ini, HP Xiaomi Redmi 5A telah memiliki kualitas kamera yang sudah cukup mumpuni. 
Dalam menggunakan kedua kamera baik kamera depan maupun belakang, HP Xiaomi Redmi 5A memiliki fokus dan kualitas yang tergolong baik, asalkan tidak mengambil foto dan video dengan cara zoom atau pembesaran. 
Jika anda mengambil foto dengan cara di zoom, maka gambar akan terlihat sedikit kabur, kurang fokus, dan tidak tajam. HP Xiaomi Redmi 5A juga dapat diandalkan dalam mengambil video di malam hari, indoor maupun outdoor, terutama dengan menggunakan kamera belakang. Hal ini tentu menambah nilai plus bagi HP Xiaomi Redmi 5A.
Akhir kata, dapat disimpulkan bahwa harga HP Xiaomi Redmi 5A sebanding dengan kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan. Tidak hanya sekedar murah, HP Xiaomi Redmi 5A juga terbukti berkualitas!