Bagi mahasiswa, laptop tidak hanya untuk mendukung kegiatan perkuliahan seperti mengerjakan modul, belajar online, dan kegiatan praktikum. Masih banyak lagi kebutuhan mahasiswa yang ditopang dengan penggunaan laptop, justru malah untuk keperluan kegiatan kuliah adalah hal yang banyak dikesampingkan dalam memilih laptop. Memilih jenis dan spesifikasi laptop sangat penting, karena untuk keperluan jangka panjang tidak hanya spesifikasi saja yang perlu di pertimbangkan, namun juga tingkat kenyamanan kita saat menggunakan laptop tersebut. Beberapa orang terkadang memilih laptop dengan kemampuan standar atau menengah asalkan bisa untuk digunakan. Namun jika memilih laptop dengan spec standard akan sulit untuk mengikuti perkembangan atau update. Berikut ini hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop.

Processor 

Hal pertama yang perlu kalian pertimbangkan sebelum membeli laptop yaitu Processor. Processor merupakan otak atau inti yang mengontrol segala aktivitas pada computer atau laptop. Performa dari laptop atau computer ditentukan oleh teknologi yang digunakan dalam processor. Semakin bagus kualitas dari processor maka kinerja laptop semakin lancar dan optimal. Processor yang banyak digunakan laptop yaitu Intel dan AMD.

Hardisk

Hardisk merupakan komponen dari laptop yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan dari semua data yang kalian simpan di laptop. Salah satu jenis hardisk dan yang paling banyak digunakan laptop sekarang yaitu jenis SATA atau Solid State Drive. SATA memiliki kecepatan yang lebih unggul disbanding hardisk keluaran sebelumnya. Pemilihan jenis hardisk merupakan hal penting sebelum membeli laptop.

RAM 

RAM atau Random Acces Memory merupakan memori atau tempat penyimpanan sementara yang mendukung kinerja laptop lebih optimal. Dalam memilih laptop penting untuk memperhatikan kapasitas RAM. Semakin besar akan semakin baik laptop saat dioperasikan, jenis RAM yang banyak digunakan adalah jenis DDR 3 dan 4. Atau kalian bisa memilih laptop dengan tambahan slot RAM sehingga bisa menambah kapasitas RAM sewaktu – waktu.

GPU

Graphic Processing Unit atau GPU merupakan komponen yang mengolah dan menampilkan gambar pada monitor. Kualitas dari gambar yang ditampilkan monitor tergantung dari kinerja dari GPU. Semakin bagus kualitas dari GPU maka gambar yang ditampilkan semakin jernih dan berkualitas. Memilih jenis GPU tentunya penting sebelum kalian membeli laptop untuk kegiatan pembelajaran atau praktikum perkuliahan.

Monitor

Hal selanjutnya yang perlu kalian perhatikan adalah jenis monitor. Monitor akan mempengaruhi cara pandang kita terhadap laptop, juga berpengaruh terhadap bodi laptop. Kalian bisa menyesuaikan ukuran monitor sesuai kebutuhan yang berkisar dari ukuran kecil 13 inch, ukuran menengah 14 inch dan 15 inch, serta 17 inch yang lebih digunakan untuk keperluan desain grafis dan editing.

Keyboard

Memang kadang keyboard tidak terlalu dipermasalahkan bagi pengguna. Mengecek kondisi keyboard sebelum membeli laptop sangat penting untuk menghindari kemungkinan beberapa tombol yang tidak berfungsi atau kurang responsif. Memilih keyboard yang cocok dan nyaman digunakan adalah hal penting yang perlu diperhatikan jika penggunaan laptop dalam jangka waktu yang panjang.

Baterai

Untuk penggunaan laptop yang lebih optimal dan tahan lama, diperlukan kapasitas daya baterai yang besar. Semakin besar kapasitas daya, maka akan semakin optimal kinerja laptop dalam waktu yang lebih lama. Daya tahan baterai juga dipengaruhi oleh jenis aplikasi yang kita gunakan.

itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop. Walaupun tidak masalah dengan laptop yang ala kadarnya, namun spesifikasi penting untuk kinerja laptop yang lebih lancar dan optimal.