spesifikasi-rog-phone-5
ROG Phone 5

teknoobs.com – Brand Asus untuk pertama kalinya merambah ke pasar ponsel gaming dengan menghadirkan ROG Phone besutannya pada ajang Computex 2018 silam lalu. Semenjak saat itu, vendor gadget asal Taiwan ini pun tampak lebih gencar dalam menghadirkan ROG Phone pada setiap tahunnya.

Di tahun 2021 sekarang ini, Asus pun merilis ROG Phone tebarunya yang diberi nama ROG Phone 5. Lantas, bagaimana dengan spesifikasinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk beluk ROG Phone 5, mari kita simak saja langsung pembahasannya di bawah ini. 

1. Desain

Dari segi desain, ROG Phone 5 memang tidak mengalami perubahan yang cukup menonjol selama tiga tahun belakangan ini. Namun, terdapat beberapa pembaruan pada tampilan bodinya yang tampak terlihat lebih menarik. 

Perubahan tersebut terdapat pada teknologi 3D Cooling Chamber dan lembaran grafit yang membungkus hardware ROG Phone 5. Guna mengoptimalkan distribusi panas pada ponselnya, Asus telah merubah layout chipset ke posisi tengah bodi yang terhimpit oleh dua baterai berdaya 3000 mAh. 

Agar bodinya tidak cepat panas, Asus juga telah menambahan sebuah aksesoris kipas pendingin bernama Aeroctive Cooler 5. 

2. Layar

ROG Phone 5 mengusung layar yang telah dibekali dengan fitur refresh rate hingga 144 Hz. Bukan hanya itu, terdapat juga peningkatan kemampuan touch sampling rate hingga mencapai 300 Hz. Kendati layar yang diusungnya adalah panel AMOLED, namun gamut warna yang ditampilkannya dinilai kurang memuaskan. 

Meski demikian, kita masih bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengganti profile warna layar di menu settings. 

3. Performa

Beralih ke sector media, ROG Phone 5 dibekali dengan RAM LPDDR5 dan memori UFS 3.1 sehingga dapat menghadirkan performa yang begitu maksimal. Hal itu terbukti, yang mana ROG Phone 5 mendapat skor 1126 di Geekbench single core dan 3726 di multi core.

Baca Juga: Teknologi Ini Akan Menambah Kecanggihan Smartphone Terbaru Keluaran 2021

4. Kamera

Tak berbeda jauh dengan seri ROG Phone pendahulunya, yang mana Asus memang tidak terlalu fokus terhadap kemampuan kamera ROG Phone 5. Ya, terang saja demikian, sebab ROG Phone 5 ini lebih terfokuskan untuk mendukung kegiatan gaming. 

ROG Phone 5 dibekali dengan kamera belakang beresolusi 64 MP + 13 MP + 5 MP, sedangkan kamera depannya beresolusi 24 MP. Dengan demikian, maka tak heran jika hasil jepretan dari kamera ROG Phone 5 ini dinilai biasa-biasa saja. 

5. Software

Game-game berat bukanlah masalah yang cukup berarti bagi ROG Phone 5 ini. Ya, sebut saja seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legends, Genshin Impact, Asphalt 9, CoD Mobile yang bisa kita mainkan dengan lancar tanpa ada lag sedikitpun. 

Bukan hanya itu, ROG Phone 5 ini juga dapat dipartisi menjadi beragam tombol, merespons gerakan gesar, hingga digunakan sebagai tombol trigger untuk menembak saat kita bermain game seperti PUBG Mobile dan CoD Mobile. 

Namun, yang menjadi pembedanya dimana kita bisa merasakan hentakan setiap kali tertembak atau menembak musuh. Untuk mendapatkan sensasi tersebut, maka kita harus mengaktifkan fitur Audio Heptic-nya terlebih dulu. 

Dengan demikian, maka kamu akan mendapatkan pengalaman bermain game seperti sedang memegang kontroles di konsol. Adapun mengenai layar Ultra low latency dan speaker yang mengarah ke pengguna, sehingga suara yang dihasilkannya menjadi lebih impresif. 

Demikianlah ulasan singkat seputar spesifikasi ROG Phone 5. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk membeli ROG Phone 5?