tips-memilih-laptop-gaming
Laptop Gaming

teknoobs.com – Tidak sedikit diantara kita yang menginginkan laptop mahal karena spesifikasinya yang keren. Namun tidak semua orang sanggup untuk mendapatkan laptop mahal tersebut, apalagi kalau bicara soal laptop gaming. Laptop gaming identik dengan harganya yang mahal. Bahkan ada laptop gaming yang harganya mencapai ratusan juta rupiah. Jika memang anda tertarik membeli laptop gaming, berikut adalah tips untuk memilih laptop gaming yang tepat agar tidak kecewa.


1.  Pilih ukuran layar sesuai kondisi

Ketika ingin membeli laptop gaming terbaik, sangat disarankan untuk membelinya sesuai ukuran layar sesuai kondisi tempat anda berada. Sesuaikan pemilihan laptop dengan lingkungan. Ada beberapa pilihan ukuran laptop gaming. Laptop berukuran 15.6 inch sangat sempurna bagi anda yang gemar membawa laptop ke mana-mana. Model ini bisa diajak untuk bermain game dan membuat video. Bobotnya yang ringan akan mudah masuk ke dalam tas dan efisien. Pengguna laptop gaming ukuran 15.6 sangat banyak dan lumrah.

Lalu ada laptop gaming 17.3 inch. Ukuran laptop ini sangat pas untuk dipakai gaming di dalam rumah. Laptop ukuran 17.3 inch memiliki ukuran layar yang pas buat kualitas grafis yang tinggi. Ukuran keyboard-nya pun sangat nyaman.


2. Pilih spesifikasi yang pas

Setiap laptop gaming memiliki spesifikasi yang berbeda. Nah, alangkah baiknya untuk memilih laptop gaming dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Aktivitas gaming anda termasuk ringan atau berat? Maka pilihlah laptop yang tepat dan benar. Rekomendasi untuk gaming berat, pilihlah pengolah grafis GTX 1070 atau lebih tinggi, dan pilih CPU i7 untuk kapasitas pemrosesan yang sangat baik.

Kemudian, anda sangat disarankan untuk memilih rekomendasi laptop gaming berkapasitas RAM 8GB atau lebih tinggi. Jenis penyimpanan yang baik untuk anda adalah laptop yang menggunakan penyimpanan tipe SSD. Tujuannya agar anda mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan lancar. Jangan lupa untuk mempertimbangkan tingkat refresh rate dari laptop gaming. Rekomendasinya, pilihlah laptop gaming dengan refresh rate 60Hz atau di atasnya.


3. Pilih laptop dengan fitur pendingin untuk gaming

Banyak laptop gaming yang mudah panas. Laptop yang mengalami heating sangat mudah turun performanya. Maka ketika memilih laptop gaming, sangat disarankan untuk memilih laptop yang memiliki fitur pendingin yang kuat. Dengan adanya fitur ini, anda bisa meminimalisir risiko turunnya performa laptop.


Baca Juga: Rekomendasi Merk Laptop Gaming Murah Yang Berkualitas


4. Perhatikan bobot dan kapasitas baterai

Pertimbangan yang sangat penting dicermati ketika memilih laptop gaming adalah bobot dan kapasitas baterai. Laptop gaming itu boros loh. Maka tidak mengherankan jika banyak laptop gaming dibekali dengan kapasitas baterai yang besar. Ketika memilih, cobalah memilih laptop yang bobotnya berat dan waktu stand-by sekitar 5 jam – lebih.


5. Pilih merek terpercaya

Satu hal pasti yang tidak boleh anda lupakan ketika memilih laptop gaming adalah merek. Jika anda bingung mau pilih laptop gaming dari merek apa, maka cobalah memilih beberapa rekomendasi laptop gaming di internet. Banyak pilihannya. Terlebih lagi, beberapa ulasan menghadirkan laptop gaming sesuai kebutuhan, budget dan tujuan. Ada banyak brand laptop gaming terpercaya. Misalnya anda bisa memilih laptop gaming dari Asus, Acer, Dell, HP, Lenovo, Legion dan lain sebagainya.


Nah, itulah tips dalam memilih laptop gaming yang pas dan tepat sesuai kebutuhan. Jangan asal memilih laptop gaming karena anda bisa kecewa pada akhirnya. Agar tidak salah langkah, anda bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi pemilihan laptop gaming yang tepat di atas.