tips-dan-contoh-membuat-cv-yang-benar

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh orang yang akan melamar pekerjaan, seperti surat lamaran pekerjaan yang tentunya harus melampirkan juga daftar riwayat hidup atau CV. Daftar riwayat hidup ini sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan untuk menilai dan mengevaluasi kompetensi atau kemampuan pelamar kerja. Selain itu, daftar riwayat hidup ini juga bertujuan untuk menuliskan kemampuan juga kompetensi yang dimiliki pelamar pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.  

Tips Membuat CV

  1. Lakukan Job Research

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum membuat CV adalah harus mencari informasi tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan anda lamar secara detail. Ingat pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang dan minat anda. Untuk mencari tahu informasi seputar perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan dilamar, anda bisa mencarinya secara online atau menanyakan kepada teman maupun kenalan anda. 


  1. Ketahui Isi CV Secara Umum

Dalam membuat daftar riwayat hidup, anda buat secara berurut agar tidak membingungkan orang yang membaca CV anda, terutama pihak HRD yang akan menilai kualitas anda untuk pertamakalinya melalui daftar riwayat hidup.  


  1. Model Membuat CV

Untuk membuat daftar riwayat hidup yang menarik adalah relevansi isi dan desain yang menarik. Untuk itu, buatlah desain yang mudah dibaca, minimalis dan layout yang rapi. Selain itu, buatlah desain sederhana dengan kombinasi warna yang cocok dan gunakan simbol-simbol yang bisa dipahami oleh pembaca. 


  1. Cek Kembali CV Yang Anda Buat

Dalam hal ini, baca ulang untuk meminimalisir kesalahan serta memastikan bahwa CV anda sudah tersusun dengan baik dan rapi. Selain itu, cek kembali tata bahasa dan ejaan yang salah serta menggunakan kalimat yang jelas, singkat dan padat. Untuk membuat CV yang baik dan benar, sebaiknya menggunakan kata-kata dan bahasa Indonesia yang baku. 


  1. Analisis CV Yang Anda Buat


Nah, untuk menganalisis daftar riwayat hidup anda supaya lebih objektif dalam penilaiannya, maka anda harus seolah-olah menjadi HRD yang sedang melakukan rekrutmen terhadap pelamar. Selain itu, anda juga bisa meminta bantuan kepada teman atau sahabat anda untuk menilai daftar riwayat hidup yang sudah anda buat. Jangan lupa juga untuk membuat perbandingan penilaian antara penilaian yang telah anda buat dengan penilaian orang lain. 

Baca juga : Dapatkan Uang Cepat dengan Mudah, Gunakan Aplikasi ini!

Contoh CV Yang BenarTips

Setelah mengetahui tips-tipsnya, berikut ini contoh daftar riwayat hidup (CV) yang benar :

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi

  1. Nama : Nanang Gonzalez 

  2. Jenis Kelamin : Laki-Laki

  3. Tempat & Tanggal Lahir : Sumedang, 11 April 1979

  4. Alamat : Jl. Gegerkalong No.11 Desa Legokhangser Sumedang

  5. Ho HP : 085721825256

  6. Agama : Islam

  7. Kewarganegaraan : Indonesia

  8. Status : Menikah

  9. Email : nananggonzalez@gmail.com 

Pendidikan Formal

  1. SD Negeri 2 Sumedang

  2. SMP Negeri 1 Sumedang

  3. SMA Negeri 6 Sumedang

  4. UPI Bandung

Pengalaman Kerja

  1. PT. Halimun Grup jabatan Sales Executive

  2. PT. UYUHAN Grup jabatan Salesman

  3. PT. Rancinges Pratama Tbk jabatan Head marketing

Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Hormat Saya,

Nanang Gonzalez

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara dan contoh membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar, semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang akan melamar kerja. 

Baca juga : Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *